cara impor kitab dalam maktabah syamilah.


Cara melakukan Impor Kitab dalam Maktabah Syamilah.

Bila anda punya kitab baru yang didapat dari teman atau dari internet, maka mungkin anda tertarik untuk mengintegrasikan kitab baru tersebut ke dalam koleksi Maktabah Syamilah agar lebih mudah digunakan. Kitab yang berbentuk e-book biasanya berupa file yang bereksistensi .bok, tapi anda juga dapat mengintegrasikan file bereksistensi .doc atau .txt hanya saja biasanya penyusunannya agak kurang enak dibaca. File-file e-book kitab .bok tersedia cukup banyak di internet..
Cara melakukan impor adalah dengan mengklik tombol impor kitab seperti yang telah dijelaskan di bagian atas. Lalu akan tampil tampilan seperti ini:

Perhatikan keterangan yang ada dalam gambar tersebut. Seret kitab yang akan ditambahkan ke panel bagian bawah dan tentukan kategori peletakannya dalam Maktabah Syamilah. Setelah semua siap, klik Impor.

Cara melakukan ekspor kitab.

Bila hendak membagikan sebuah kitab pada orang lain, atau hendak membawa versi portablenya karena membawa seluruh Maktabah cukup memakai ruang penyimpanan atau hendak mencetak kitab tertentu, maka anda harus mengekspor kitab tersebut lebih dahulu. Caranya klik tombol ekspor kitab (seperti yang dijelaskan di bagian atas) lalu akan muncul tampilan seperti ini:
Perhatikan keterangan dalam gambar di atas. Pindahkan kitab yang ada di bagian kanan ke bagian kiri.  Di bagian atas panel terdapat tiga pilihan yang masing-masing dari kanan ke kiri adalah: Pilih Kitab yang akan diekspor (seperti dalam gambar) dan di bagian tengah adalah pilihan untuk menentukan lokasi ekspor. Di bagian paling kiri adalah opsi ekspor yang memungkinkan anda untuk mengubah setting default ekspor.
Ketika semua siap, tekan tombol Ekspor. Kitab-kitab yang ada di bagian kiri (bagian daftar ekspor) akan diekspor dalam beberapa format.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
5 Desember 2019 pukul 17.45 ×

TERIMA KASIH BANYAK. ARTIKELNYA SANGAT MEMBANTU.

Congrats bro muhamad_saiful_huda you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment